you're reading...
Berita

Menkop dan UKM: Usaha Berbasis Koperasi Solusi Entaskan Kemiskinan

60515_12103618122012_syarif-hasan

SYARIEF HASAN

Salah satu solusi untuk mengentaskan kemiskinan dan menurunkan jumlah angka pengangguran adalah usaha ekonomi berbasis koperasi.

Demikian disampaikan Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Syarief Hasan di Rakornas Pemberdayaan Koperasi dan UKM di di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, kemarin.


”Semangat usaha dari koperasi itu kebersamaan para anggotanya. Dengan semakin banyak anggota, maka semakin banyak juga tenaga kerja yang tersedot, sehingga berbanding lurus jumlah angka pengangguran pun semakin menurun,” katanya.

Menurut Menkop, pemerintah telah melihat ketangguhan para pelaku Usaha Kecil dan Menengah dalam menangkal kondisi krisis ekonomi dibanding pelaku jenis usaha lainnya. Lanjut dia, dalam upaya memaksimalkan peran Koperasi UKM dalam perekonomian nasional, pemerintah pun merevisi UU No 25/1992 tentang Koperasi menjadi UU No 17/2012 tentang Perkoperasian.

”RUU tentang Perkoperasian itu digodok hingga 10 tahun lamanya. Jadi, saat saya menjadi Menkop UKM, ibaratnya RUU itu seperti bola golf di dekat lubang. Karenanya, saya hanya perlu modifikasi sedikit, sehingga hanya menggelontorkan bola golf itu ke lubang dengan satu pukulan sentuhan,” katanya.

Hingga Mei tahun ini, papar Menkop UKM, jumlah koperasi di Indonesia telah mencapai 192.443 unit dengan jumlah anggota  33.687.417 orang.
”Jumlah koperasi dan angggota di Indonesia ternyata terbanyak di dunia dibanding negara anggota PBB lainnya.”

Terkait dengan upaya sosialisasi UU No 17/2012 terhadap semua elemen masyarakat maupun stake holder lainnya terkait aktivitas ekonomi nasional, Menkop berharap usaha maksimal dari para Kepala Dinas Koperasi UKM di wilayah dan jajarannya masing-masing.

”Kadiskop UKM, adalah ujung tombak bagi Kemenkop UKM,” katanya.

Menurut Menkop, upaya maksimal para Kadiskop UKM  telah dibuktikan dengan sejumlah prestasi yang diraih jajaran Kemenkop dan UKM.  Salah satunya, penyaluran dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari target Rp30 triliun pada 2012 ini, telah tercapai pada November 2012 lalu.

Kemudian, prestasi LPDB-KUMKM Kemenkop UKM  meraih penghargaan sebagai Badan Layanan Umum (BLU) Terbaik se-Indonesia.

”Saya yakin, jika koperasi sudah berjalan maksimal sesuai UU No 17/2012, bukan hanya mengentaskan kemiskinan, koperasi pun bisa berdiri sejajar dengan jenis usaha lainnya yang berkiprah di Tanah Air. Termasuk di persaingan pasar global.”

Sumber : Rakyat Merdeka

About ksualazhim

Koperasi Serba Usaha AL-AZHIM Palopo

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Bio XTRA Pupuk Organik Cair

Masukkan alamat E-mail Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui E-mail.

Bergabunglah dengan 2 pengikut lainnya

Temukan Kami di Facebook

%d blogger menyukai ini: